Sabtu, 13 April 2013

Guru Hebat

Benar banget ungkapan yang diucapkan oleh pak Dedi Dwitagama, "berapa banyak guru hebat di Indonesia? "dalam kegiatan Temu Guru Nasional dan Launching " Beta Guru sudah " . Tak gampang ternyata kita menyebut nama guru-guru hebat yang pernah kita kenal.. Padahal setelah berpuluh tahun meninggalkan bangku pendidikan formal dan ketika sudah menggeluti profesi tertentu . Rasanya tak mungkinlah kalau tanpa jasa guru -guru hebat.Kita bisa dalam posisi sekarang.Begitu sulitnya kita mengingat jasa-jasa baik mereka. Atau apakah memang jasa mereka tak pantas untuk diingat ? Sedih dan merenung . Mungkinkah budaya sekolah yang mengajarkan untuk memandang sesuatu dari sisi negatif . Saat ini aku sudah berprofesi sebagai guru, dan tak dipungkiri memang . Yang terjadi dalam situasi sekolah guru selalu mengingat siswa dengan predikat bandel , nakal dan yang selalu membuat onar . Pelabelan prilaku negatif yang disematkan pada siswa disekolah sedikit banyak disadari oleh yang melabelkan akan tersimpan dalam memori siswa yang diberi label . Dan ketika prediakt negatif yang melekat dalam ingatan siswa tak mungkinlah si siswa mengingat kehebatan gurunya . Tak mengerti juga siapa yang harus disalahkan dalam keadaan seperti ini .Sehingga untuk menyebutkan nama guru hebat di Indonesia susah sekali. Berdasarkan data jumlah guru keseluruhan guru di Indonesia ada sekitar 3 juta orang yang berprofesi menjadiguru. Sementara media cetak dan elektronik dengan sangat semangatnya selalu mengabarkan tentang perilaku guru yang melanggar etika dan norma kemasyarakatan . Semakin terpuruklah nama baik guru dan semakin sulit dicari guru-guru hebat. 
Beberapa minggu yang lalu bersyukur sekali saat bisa berkenalan dan berkumpul dengan para guru hebat yang mengabdi di seluruh Indonesia . Saat kegiatan Educare Trainer gaung semangat mereka masih terngianga hingga sekarang . Dan hal itu sangat memberi suntikan motivasi untuk menyadari betapa beruntungnya aku bisa berkenalan dengan mereka . Ketika mereka bercerita kisah hidup mereka dan hingga kini masih berjuang mewujudkan mimpi pribadi juga cita-cita mulia membenahi pendidikan di Indonesia . Acungan decak kagum dan 2 jempol aku persembahkan untuk mereka . Teman-teman educare 2. 
Lalu bertemu dan membaca kisah perjuangan guru-guru SGI yang rela meninggalkan segala kenyamanan di daerah asalnya untuk berbagi ilmu dengan calon generasi penerus masa depan . Ternyata banyak sekali guru-guru hebat disekelilingku. Hebat, hebat dan sangat hebat. Karena mampu menginspirasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar