Sabtu, 27 April 2013

Yang kecil...boleh lah, yang besar sendiri aja ya....

Ada sedikit cerita yang membuatku tersenyum geli apabila mengingatnya. Saat sedang mengawasi UN di salah satu sekolah yang ditunjuk . Ketika aku sudah menyelesaikan tugasku untuk membagikan soal dan mengedarkan daftar hadir .
Aku mulai menulis dalam berita acara tentang pelaksanaan UN hari itu. Baru sekitar 20 menit pelaksanaan ujian berlangsung. Saat peserta ujian sedang sibuk mengerjakan soal UN , tiba-tiba di pojok kanan salah seorang siswa mengacungkan tangan . Aku agak was-was juga jangan-jangan lembaran soalnya ada yang kurang  atau...
Ternyata peserta meminta ujian kepada pengawas ruangan untuk diperbolehkan ke toilet karena mau buang air kecil ( BAK ).
Dan sesuai arahan sewaktu rapat , sebaiknya peserta ujian yang hendak ke toilet diantar oleh salah seorang pengawas ruang . Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan .Dan aku langsung menyanggupi untuk menemani ke toilet .
Memasuki satu jam waktu berlalu ,beberapa siswa mulai agak gelisah . Entah karena soal ujiannya yang teramat sukar atau karena hal lainaku tak begitu paham .Aku hanya bisa memberi kode peserta untuk tenang dengan menempelkan jari telunjuk di bibir.Agar berkonsentrasi lagi menjawab soal ujian . 90 lebih  menit waktu berlalu.Menjelang 20 menit waktu ujian berakhir salah seorang peserta yang sedari tadi memang gelisah mengacungkan tangan dan berkata " Bu, saya boleh ijin ke toilet "? Dan saya mengangguk seraya bertanya " mo buang air kecil " ?Sambil menahan rasa , peserta ujian menjawab , tidak bu BAB langsung berlari kencang. Sambil siswa berlalu saya berkomentar , okelah kalau yang kecil saya masih mau temenin tapi kalau yang besar....sendiri aja ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar