Sabtu, 16 Juli 2011

Adaptasi

Proses penyesuaian diri yang dilakukan setiap individu adalah proses yang berlangsung seumur hidup. Tak terkecuali bagi individu yang telah dewasa.Kemaren menjelang siang pulang sekolah beberapa siswaku datang dengan berurai air mata karena merasa tidak nyaman berada di kelas yang baru. Sempat ada pertanyaan yang diucapkan oleh siswaku tersebut kenapa saya yang harus dipindahkan ke kelas yang lain. Apakah saya teramat nakal sehingga harus dipisahkan dari teman-teman yang lain. Sehingga akhirnya saya bertanya juga menurut kamu nak, apakah kamu termasuk dalam kategori siswa yang bandel. Ternyata dari dialog tersebut ada sesuatu yang membuat saya tersenyum simpul. Pernyataan siswa saya yang mengatakan bahwa wajar kan bu , kalau siswa ngobrol di kelas kadangkala sedikit bandel . Bagi saya yang selalu berusaha memahami kondisi psikologis siswa hal yang dikatakan oleh siswaku itu masuk akal.Dan aku pun pernah mengalami masa menjadi siswa dimana sering merasa jenuh juga saat guru hanya menjelaskan pelajaran dan siswa diminta hanya menjadi pendengar.Karena hal yang paling sulit dilakukan adalah mendengar. Setiap individu yang diberi anugrah panca indera mulut untuk berbicara sangat sulit mengerem perilaku tersebut. Kebiasaan kita untuk berbicara mungkin memang merupakan warisan dari orang tua kita.Ingat dahulu orang tua kita sangat bingung manakala apabila anaknya yang telah berusia 2 tahun belum bisa bicara. Dan sekarang saat mereka anak-anak kita telah memasuki usia sekolah mengapa kebiasaan yang telah dipupuk dari usia balita tiba-tiba harus dihilangkan dalam usia remaja mereka.Tiba-tiba saja dilarang untuk berbicara dalam kelas saat guru ada di kelas.Terkadang kita sebagain orang dewasa memang sering membingungkan ya...aku sebagai guru sering mati gaya apabila harus mengajar dikelas yang pasif...diaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaam saja.Berbagai cara aku lakukan agar siswa yang aku ajar mau bereaksi bertanya. Tapi ternyata ada juga rekan-rekanku yang justru malah mati gaya saat siswa yang diajar sangat reaktif dan yang terjadi adalah kasus pindah memindahkan siswa tanpa setahu aku sebagai pembimbing mereka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar