Selasa, 19 Juli 2011

Menulis untuk berubah

Dua hari mengikuti pelatihan di Rumah Perubahannya pak Rhenald Kasali memberi banyak informasi baru. Pencerahan dan wawasan yang semakin bertambah. Kegiatan hari pertama yang diisi oleh pembicara yang telah melahirkan banyak buku best seller membuatku semakin mengaggumi sosok Prof Rhenal Kasali . Selama ini aku hanya bisa membaca tulisan-tulisannya di koran Seputar Indonesia . Tulisan yang selalu memberi inspirasi bagi ku. Sering setelah selesai membaca koran yang baru aku beli di stasiun kereta menjelang berangkat kerja ada inspirasi baru yang hinggap di kepalaku untuk kutuangkan menjadi tulisan sesuai dengan pengalaman yang aku alami. Pernah aku ingat waktu membaca tulisan yang membahas tentang hari kasih sayang . Dan kebetulan aku juga memberi materi pelajaran tentang berbagi kasih kepada siswa ku dan aku masukkan tuisanku tentang pengalaman mengajar dengan tema Berbagi kasih. Dan ternyata hal itu juga membuatku kaget karena tulisan yang aku terbitkan di note FB ku mendapat tanggapan yang beragam . Ada yang secara terang-terangan memberi koment yang mengingatkan untuk tidak merayakan hari kasih sayang ( Valentine day). Sementara banyak juga dari siswa-siswiku yang menyempatkan diri untuk membaca tulisanku berkomentar kenapa kegiatan tersebut dilaksanakan justru saat mereka tidak lagi menjadi siswa bimbinganku secara langsung. Mereka mengeluh dan menyesali. Aku berpikir dari tulisan yang aku terbitkan tersebut berarti pesan tentang makna kasih sayang telah sampai pada yang membaca. Walau dengan berbagai pemahaman pada masing-masing pembaca.
Dimulai dari hal itulah kemudian aku berpikir segala hal yang kita pikirkan dan kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan akan mampu membuat para pembaca memiliki cara pandang dan wawasan baru . Menjadi tertantang untuk " mencuci otak " orang dengan tulisan karena dengan tulisan yang sarat makna akan membuat si pembaca merubah cara berpikir dan lambat laun juga cara bersikap. Untuk perubahan ke arah yang lebih baik kenapa tidak dicoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar