Selasa, 19 April 2011

Kartini adalah IBU

Merayakan hari Kartini setiap tgl 21 April selalu dikaitkan dengan emansipasi wanita. Bagaimana dengan perjuangannya Kartini membuka kesempatan bagi kaum wanita di Indonesia mendapatkan kesempatan menikmati sekolah. Melalui surat-surat yang ditulis oleh Kartini kepada sahabatnya di Belanda yang akhirnya menjadi buku HABIS GELAP TERBITLAH TERANG menunjukkan begitu besar harapan seorang Kartini kepada nasib kaum wanita. Pada zaman itu kesempatan sekolah dan mengenyam pendidikan hanya untuk kaum lelaki. Dan harapan Kartini Alhamdulillah dapat juga terwujud menjadi kenyataan sehingga saya adalah salah satu orang yang akan mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada Kartini akan jasa besarnya. Sekarang saya ingin menulis tentang “Kartini” sebagai seorang ibu . Ibu sebenarnya juga adalah seorang Kartini untuk keluarga. Sosok ibu selalu memberi inspirasi bagi orang –orang disekitarnya.Terutama bagi anak-anaknya. Saya pernah mengamati suatu pemandangan yang sangat mengharukan bagaimana seorang ibu sejati rela mengorbankan dirinya untuk anak-anaknya.Hal itu juga merupakan cerminan jiwa kartini. Dan beberapa hari yang lalu saya menangis sedih saat selesai kegiatan konseling dengan anak didik saya yang dalam beberapa pendapat rekan kerja saya dianggap “ bermasalah “ karena jarang hadir di sekolah juga selalu tidak menyelesaikan tugas dengan baik . Untuk kemudian saya mencari tahu ada apa dengan anakku ini. Beberapa data terkumpul dan saya mengambil satu kesimpulan dia kehilangan ibunya yang baru saja meninggal. Ibunya yang selama ini selalu menyayanginya , memperhatikan dan mengurus segala keperluannya , karena sakit yang diderita akhirnya harus pergi meninggalkannya. Dan dimulailah babak baru dalam kehidupannya sebagai anak manusia yang kehilangan arah, kehilangan pegangan . Kartini dalam kehidupannya telah pergi saat dia belum siap untuk menatap masa depan . Kartini siapapun dan dimana pun kau berada akan selalu memberi semangat dan inspirasi . Terimakasih R.A Kartini……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar