Kamis, 14 April 2011

Kecewa

Aku tadi mengajar di kelas 7.1 yang punya kriteria baik dalam penilaian ku. Dalam 2 minggu yang lalu saat aku menginformasikan materi tentang bahaya rokok pada kelas itu aku sudah menginformasikan bahwa dalam 2 minggu ke depan kita akan membahas tentang rokok dengan berbagai versi ,di minggu pertama membahas rokok dilakukan dengan metode debat aktif semuanya aktif untuk bertanya dan pelajaran berlangsung dengan baik, aku juga sudah memberi informasi tentang tugas yang harus mereka kerjakan untuk 2 minggu ke depan ,yaitu mewawancarai perokok aktif minimal 3 orang,dan di minggu selanjutnya aku meminta siswa-siswaku untuk membuat iklan anti rokok. Saat aku sampaikan tentang tugas yang harus mereka kerjakan dalam 2 minggu ke depan mereka sangat antusias berbicara akan tugas yang akan mereka kerjakan . Tentang siapa yang akan mereka wawancarai atau tentang akan buat apa mereka tentang iklan anti rokok ada yang bertanya boleh gak membuat dalam bentuk video,power point dll.Semua antusias untuk menuangkan ide dan pemikirannya . Dan aku sebagai guru sangat gembira dan senang melihat keinginan mereka akan ide-ide mereka yang akan ditampilkan pada 2 minggu ke depan.

Jam 08.05 WIB saat bel jam ke 3 berbunyi aku bersiap-siap untuk memasuki kelas 7.1 dan beberapa dari mereka datang menjemput ke ruangan ,aku menyuruh untuk mempersiapkan kelas bagi teman-temannya yang akan mempresentasikan pekerjaan mereka.Salah satu nama ku panggil bersama dengan kelompoknya dan aku menyuruh untuk mempresentasikan pekerjaannya jawaban mereka adalah bu,kelompok kami belum selesai mengedit, aku terbengong dengan jawaban mereka dan mulai satu kekecewaan yang di tanamkan dalam diriku.Tak hanya berhenti di situ ternyata kekecewaanku berlanjut dengan manakala ada yang presentasi sementara kelompok yang lain sibuk mengerjakan pr b.Inggris yang belum mereka selesaikan dari rumah. Oh…harapanku tinggal harapan untuk suatu presentasi yang mengagumkan sseperti bayanganku saat berangkat menuju tempat tugas di pagi subuh tgl 26 Januari 2011. Namun di jam berikutnya aku sedikit terhibur manakala kelas yang kuanggap tidak potensial malah ternyata memperlihatkan hasil kerjanya yang lebih baik. Pelajaran berharga yang dapat kupetik adalah jangan pernah berpikir negatif terhadap suatu hal, benar kata salah satu ayat dalam Al. Quran “ Baik menurut mu belum tentu baik di mata Allah dan Allah maha tahu segala yang terbaik. “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar