Jumat, 01 April 2011

Peminta dan meminta

Setiap pagi saat akan berangkat beraktifitas menuju tempat kerja , aku selalu melewati jalan yang itu-itu saja dan aktifitas yang itu-itu juga. Seringkali aku mengamati di tengah gerimisnya hujan di pagi hari saat para penumpang kereta sedang tergesa-gesa untuk segera menghampiri kereta agar mendapat tempat duduk . Kulihat tak kalah sibuknya para peminta -minta yang duduk berjejer di sekitar loket penjualan tiket. Saat hujan turun masih dengan sikap duduk bersila yang di alasin oleh kardus ala kadarnya . Dengan menggunakan pakaian yang sedikit compang-camping menutup kepalanya dengan plastik sambil menengadahkan tangan meminta-minta kepada orang yang lewat. Aku berpikir itukah yang namanya profesi? Saat ada sensus penduduk pasti mereka mengatakan pekerjaan mereka adalah wiraswasta , wiraswasta apa ya...? ada dilema perasaan yang bergejolak dalam dadaku keinginan untuk bersedekah di pagi hari dan pemikiran enak sekali mereka tanpa harus berjibaku tinggal duduk-duduk saja, pasti ada saja yang akan memberi mereka sedekah...ya memang aku tau mungkin memang seperti itulah cara rezki mereka dapatkan. Tapi terkadang aku bertanya juga sementara untuk orang-orang yang lain harus dengan sangat bersusah payah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar