Senin, 18 Juni 2012

Yang memberi Inspirasi

Selalu ada getaran saat membaca tulisan yang inspiratif. Tak terkecuali tulisan "Karya Ku " dari tugas akhir yang kuberikan untuk siswa/i ku . Tersenyum , mengerutkan kening ,berbinar juga bahagia kala membaca tulisan itu . Ada keluhan , kerepotan juga kecerian dari isi tulisannya . Dapat kubayangkan antusias mereka untuk dapat menuangkanide-ide dalam bentuk kalimat-kalimat agar pesan dalam tulisan sampai kepada pembacanya . Sampai ada pertanyaan yang mereka ajukan kepadaku ," bu , tugas ini dibaca semua ?" dengan raut wajah tak percaya. Ya dibaca dong kataku lagi, bagaimana aku bisa tahu apakah pesan tersirat yang aku kemas dalam bentuk materi sampai dan dimengerti oleh para siswaku kalau aku mengabaikan tugas yang sudah mereka kerjakan . Dalam tugas tersebut aku jadi tahu sampai mana mereka paham, perubahan perilaku yang terjadi juga uneg-uneg yang mereka rasakan saat mereka belajar bersamaku . Pernah aku sampaikan pada mereka ketika aku memberi materi tokoh dunia. Saat itu aku katakan baca satu cerita tokoh dunia dan ceritakan lagi di depan kelas agar di dengar oleh teman-teman semua.Awalnya saat ku minta bercerita ketika sebelumnya sudah kuminta membaca tokoh dunia ada keraguan yang mereka perlihatkan dengan berkelit belum hafal bu. Sambil melotot aku katakan saya gak minta kamu menghafal isi buku tentang tokoh dunia yang kamu baca . Kata saya , " baca , pahami, ceritakan " . Bukan dihafal , kalau urusan hafal menghafal cukup teks Pancasila saja yang dihafal sambil mengedipkan mata ke arah mereka dan mereka pham maksudku ...hehhe. Saat materi cerita tokoh dunia itu , aku sampaikan selain aku ingin mereka tahu perjuangan para tokoh tersebut agar terinspirasi . Juga aku berharap suatu hari nanti mungkin 30 tahun yang akan datang ( mudah-mudahan aku masih hidup ) aku akan membaca karya mereka, anak didik yang aku bimbing . Kalau tidak dimulai dari sekarang mengajak mereka menuangkan ide pikiran da perasaan.....kapan lagi dong

1 komentar: