Senin, 04 Juni 2012

Buka Topeng ...jadi diri sendiri

Ingat kegiatan di hari kemarin , saat tiba-tiba salah seorang rekan mendapat informasi akan ada kunjungan dari rekan-rekan Indonesia timur. Grusa-grusu yang dilakukan karena harus merapikan ruangan agar terlihat apik dan resik . Maklum sekolah ini menyandang gelar sekolah sehat tingkat nasional.Menjaga dan mempertahankan lebih sulit tentunya. Walau terkadang kesadaran untuk terus memelihara menjadi sesuatu yang tidak mudah dilakukan oleh seluruh penghuni sekolah.
Dan seperti layaknya orang Indonesia yang senang untuk menjamu tamu. Diatur lah sedemikian rupa agar memang terlihat baik. Secara tiba-tiba disulap agar tamu menjadi senang dan tuan rumah mendapat pujian yang memuaskan . Sikap positif yang dimiliki oleh bangsa Indonesia menyenangkan orang lain dan mendapat pujian. Walau mungkin dibalut dengan kepura-puraan tapi terkadang sifat manusia memang tak siap untuk menerima kejujuran yang sebenarnya. Saling melengkapi tutup ketemu botol…..
Saat para tamu datang menyebarlah ke segala penjuru sekolah yang sudah disulap dengan tanpa bantuan tepuk tangan pak Tarno . Mengunjungi ruangan kerja juga beberapa kelas yang memang memiliki tampilan layak dan nyaman karena ber AC. Saat itu aku sedang mengajar salah satu kelas dan aku memang membawa mereka ke ruang multi media.Satu jam pertama belajar dilalui dengan lancar.Memasuki jam kedua setelah terpotong waktu istirahat aku dan siswa ku belajar dengan santai dan menyenangkan , ketika bel berbunyi dan menunjukkan pelajaranku berakhir . Aku mulai mengakhiri pelajaran dan meminta siswa kembali ke kelas untuk mengikuti pelajaran dengan guru yang lain.Secara tiba-tiba rekan pesuruh masuk dan mengatakan “ bu lanjutin lagi belajarnya, ada tamu yang mo lihat ,” Aku Cuma bengong dan mengatakan jam pelajaranku sudah habis dan mereka belajar dengan guru yang lain . Sekonyong kembali aku minta ke siswaku untuk kembali duduk lesehan sambil mewanti-wanti dengan berkata “ tunjukkan perilaku yang baik, jangan buat malu saya “ ( sedikit mengancam hehehe ) Alhamdulillah ternyata siswa-siswi ku masih sebagai orang Indonesia. Yang masih berharap mendapat pujian yang baik. Selama kegiatan yang dilakukan dalam pengamatan para tamu dari Indonesia timur . Penilaiannya cukup menyejukkan telinga.Dan ketika para tamu pergi , sambil guyon aku berkata terimakasih sudah menjadi anak manis dan sekarang buka topengnya dan jadi diri sendiri sambil tetap berprilaku baik. Oke….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar