Kamis, 09 Juni 2011

Inspirasi dari siswaku

Beberapa hari ini kegiatan ku karena sudah tidak lagi mengajar tatap muka dalam kelas aku hanya menunggu siswaku yang mengumpulkan tugas akhir portofolio beberapa materi yang sudah aku berikan selama 2 semester belajar bersama. Tujuanku memberi tugas tersebut adalah untuk memberi pengalaman kepada siswa/i ku membuat atau menyimpulkan berbagai materi yang telah di terima dan dituangkan dalam bentuk tulisan tentang hal-hal yang mereka dapatkan selama belajar BK bersama ku. Pengetahuan yang bertambah, Keterampilan yang bertambah, Sikap dan perilaku yang berubah, minat yang berubah dan Pandangan hidup yang mungkin berubah setelah mendapat materi BK tentang berbagai hal. Aku berharap mereka akan terbiasa untuk menuangkan pemikiran mereka dalam bentuk tulisan dan kemudian dapat memberi masukan kepada ku tentang beberapa materi yang mungkin tidak berkenan dalam diri mereka. Mungkin karena cara penyampaian ku, atau karena itu bukan kebutuhan mereka. Aku kurang paham tetapi ada hal-hal yang membuat ku menjadi bergairah karena ternyata dari tugas yang sudah terkumpul ada inspirasi yang aku dapatkan dari kebutuhan mereka. Termotivasi untuk semakin menggali bakat mereka, mungkin suatu saat nanti dari kegiatan kecil seperti ini ada sesuatu karya besar yang bisa mereka hasilkan karena terbiasa dan terbiasa untuk menulis. Bukan hanya memindahkan tulisan yang ada di buku cetak ke dalam buku tulis mereka untuk kemudian dinilai. Sebagai pembimbing mereka yang jelas aku mengucapkan terimakasih karena dari tugas mereka yang telah di kumpulkan ada inspirasi baru yang dapat aku lakukan ya...untuk mereka juga nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar