Selasa, 21 Juni 2011

Masih tentang Kejujuran

Mungkin tak akan pernah habis cerita tentang kejujuran . Setelah kasus ibu Siami dengan anaknya yang bernama Alif . Ternyata di tempatku bekerja pun aku menemukan cerita tentang kejujuran. Berawal dari selesai aku mengawas ujian dan beberapa siswaku bercerita tentang teman-temannya yang giat berusaha.Bagiku itu merupakan bagian dari perilaku siswa untuk mendapatkan nilai yang bagus. Tetapi sebagai pembimbing aku tetap mempunyai tanggung jawab moral untuk memberitahukan kepada siswaku bahwa perilaku tersebut bukanlah perilaku yang baik dan terpuji.Saat aku ngobrol dengan salah satu dari siswaku dan aku memulai dengan bertanya berbagai hal tentang ujian yang baru saja berlalu hingga akhirnya dia mengatakan tanpa pernah merasa aku pojokkan bahwa kemarin pun saat ujian ia juga mencontek dan dia sudah lihat hasil ujiannya mendapat nilai yang terbaik." Terbaik " dengan segala 'usaha ' yang telah dilakukannya tentu . Mulailah aku mengetuk hati nuraninya tentang bagaimana pendapatnya dengan hal-hal yang berbau kejujuran. Tanpa kuduga dia menangis dan menyatakan bahwa yg dilakukan adalah perilaku salah dan tidak membanggakan . Dan setelah itu ternyata cerita itu berlanjut . Siswaku yang mendapat nilai terbaik itu bercerita lagi kepadaku bagaimana seandainya dia diumumkan sebagai siswa yang terbaik untuk mata pelajaran tersebut...saya takut bu. Dan aku tersenyum juga bertanya " jadi menurut kamu banggakah kamu mendapat nilai yang bagus dengan cara yang tidak baik? Siswaku menggeleng dan berkata saya kan sebenarnya gak niat dapat nilai terbaik bu....HAHAHA....Ya sudahlah anakku pelajaran berharga bagi kita semua , aku sebagai guru pembimbing mereka yang harus sering-sering memberi pengarahan tentang nilai-nilai kehidupan agar mereka dapat menjadi penerus bangsa yang bertanggung jawab dengan perilaku yang baik tentunya. Dan untuk siswaku terus belajar tentang kehidupan agar menjadi penerus bangsa yang baik juga.

1 komentar: