Sabtu, 11 Juni 2011

Tergesa-gesa

Saya tunggu paling lambat hari Jumat sebelum jam 3, lewat dari jam 3 saya tidak akan terima tugas portofolionya, kataku kepada semua siswa yang aku bimbing.Di hari Jumat pagi aku memanggil semua ketua dari kelas yang aku bimbing untuk mengingatkan batas akhir pengumpulan tugas adalah hari ini.Dan saat mereka menemuiku , aku katakan saya tunggu sampai jam 3 ya.Yang aku lakukan sambil menunggu mereka mengumpulkan tugas tersebut adalah aku mencari wifi gratisan di ruang laboratorium komputer, sambil berkelana di dunia maya. Satu persatu datang untuk memberi tugas dan aku bertanya apa pengalaman yang mereka dapat saat mengerjakan tugas tersebut, dan mereka menjawab dengan jadi ingat lagi bu, saat lagi materi itu saya bagaimana dan membuat saya jadi bisa menulis. Mungkin untuk tahap awal tugas yang mereka kumpulkan baru sebatas memindahkan isi kepala mereka ke dalam kertas ukuran legal.Belum ada rangkaian tugas menganalisa dari tugas -tugas tersebut.Tapi lumayanlah melihat antusias mereka untuk mengerjakan dan mengumpulkan tugas tersebut. Dan ada sedikit cerita lucu saat mereka mencariku di ruangan BK tapi tak menemukan sosok ku disana, dan mereka bertanya pada rekan guru yang ada di sana , bu ...bu Ninik ada....di jawab oleh rekan-rekan guruku...lagi keramas... jelas saja siswaku mengerutkan keningnya dan bertanya...'keramas'? iya di ruang lab komputer...kembali siswaku bertanya kok lagi keramas bu...? ( seperti iklan...lupa ya...) kan gak boleh menyebut nama produk.Dan saat mataku mulai lelah berkelana di dunia maya dan kebetulan waktu sudah menunjukkan pukul 14.40, aku membereskan pekerjaanku dan kembali ke ruang BK . Sesampainya aku di ruangan ku aku langsung disambut oleh beberapa siswa lagi yang hendak mengumpulkan tugasnya... aku terima sambil bertanya kepada salah seorang yang ikut mengumpulkan tapi tidak membawa tugasnya...loh belum bu...td saya titip ke teman...saya katakan lagi cepat...sebelum jam 3...lewat jam 3 tidak saya terima....secepat kilat menghilang dan saat waktu menunjukkan jam 3 kurang 3 menit...siswa itu telah berada kembali di ruanganku , aku langsung melirik jam dinding yang ada di ruang BK , dengan wajah kecapean serta memelasnya dia berkata ...belum jam 3 bu...dan aku tersenyum melihat kegigihannya...oh..anakku...Aku hargai kegigihan kalian...dan aku merasa tersanjung karena kalian menghargai aku...Terimakasih dalam perjalanan setahun belajar bersama ...Belajar memahami kebutuhan kalian...belajar menjadi sosok guru yang dapat berbagi dengan kalian ...semoga perjalanan ini dapat berarti juga bagi semua siswa/i ku...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar