Senin, 28 Maret 2011

Devil and Angel

Tersenyum mendengar perkataan itu saat memasuki ruang kelas untuk melaksanakan kegiatan mengawas ujian sekolah. Aku yang datang agak terlambat dibanding rekan kerjaku.Salah satu siswa ku menyebut devil and angel . Dan aku bertanya dengan mengangkat alis mataku ke arahnya, dijawab dengan senyuman untukku dan memonyongkan mulutnya untuk rekan kerjaku yang telah masuk terlebih dahulu.Detik berganti menit hingga hitungan jam berganti juga, mulai merasakan kebosanan dan dihinggapi rasa kantuk karena tidak melakukan aktifitas apapu selain melototin para siswa yang sedang mengerjakan soal-soal ujian. Dan kembali teringat akan ucapan salah satu siswaku tadi " devil and angel" . Bukan bermaksud geer , tapi aku merasa pasti sebutan angel itu ditujukan untuk aku sementara devilnya pasti ke rekan kerjaku.Padahal aku merasa masih jauh sekali dari sebutan angel karena aku termasuk guru yang apabila dilihat dari tuntutan profesi aku terbilang kurang perduli dengan hal-hal yang dilakukan siswa apabila tidak prinsip. Misalnya untuk urusan baju seragam yang tidak rapi aku jarang menegur mereka.Karena mungkin aku termasuk guru yang mencoba memahami setiap individu dengan segala perbedaannya. Aku menyenangi keberagaman. Dan hal-hal tersebut yang mungkin membuat siswa-siswaku menyenanginya...walaupun untuk urusan ini aku sering dianggap sebagai guru yang tidak kompak dengan aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah . Di satu sisi mungkin aku dianggap angel oleh siswa/i ku tapi aku juga dianggap devil oleh instansi tempatku bekerja karena sering dianggap nyeleneh tidak mematuhi aturan. Berarti dalam diri setiap individu ada 2 sisi kepribadian , bisa menjadi devil atau evil pada saat yang bersamaan atau saat yang berbeda.Untuk jadi bahan renungan saja lebih menikmati saat menjadi devil atau angel....??? Apabila jawabannya saat menjadi devil...wah saya harus lebih sering beribadah tentunya sementara apabila saat menjadi angel adalah saat yang menyenangkan , mulailah dari sekarang,hari ini untuk tetap menebarkan kebaikan bagi sesama di lingkungan terdekat kita.

1 komentar:

  1. ini BARU KEREN PARAH PESANNYA akhirnya keren banget!! devilnya siapa bu ?

    BalasHapus